SMK Bayt Al-Hikmah Pasuruan

Pendidikan Unggul Berkarakter

ANDA HARUS TAU: KEINTIMAN RUANG GELAP

Selasa, 29 Desember 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 314 Kali

KEINTIMAN RUANG GELAP

 

Yudha Prihantanto

 

Dorothea Lange diantara 5 tokoh Fotografer wanita Dunia kebangsaan Amerika 1895 yang paling berpengaruh atas karya foto tragis fenomenalnya mengenai 'Great Depression', krisis ekonomi parah sebelum perang dunia ke-2 yang ditugaskan oleh pemerintah untuk mendokumentasikan masa sulit sepanjang sejarah Amerika, kemudian Lange meninggal pada 11 Oktober 1965 karena kanker di usia 70 tahun.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto diri Dorothea Lange dan karyanya 'Great Depression'. (Sumber: Internet)

Wanita Eropa utara pertama kali memasuki bisnis fotografi, membuka studio di Denmark, Prancis, Jerman, dan Swedia dari tahun 1840-an, sementara di Inggris wanita dari keluarga kaya mengembangkan fotografi sebagai seni. di akhir tahun 1850-an. Baru pada tahun 1890-an, studio pertama yang dijalankan oleh wanita dibuka di New York City.

Di Wina, Dora Kallmus memelopori penggunaan studio fotografi sebagai tempat pertemuan modis untuk aristokrasi Austro-Hongaria.

Atelier d"Ora, Anna Pawlowa, detail 1913, cetakan perak gelatin, 22.4 x 16.7cm @Museum für Kunst und Gewerbe Hamburg. (sumber: internet)

8 fotografer dunia wanita di SMK Bayhi-pun telah memulai aktivitas pembelajaran fotografi di studio DKV yang diprakarsai Ustad Ehsan.

 Proses kreatif fotografer cewek SMK di studio DKV. (Dok: Eksan, M)

Fotografi studio atau indoor adalah jenis fotografi yang pada awalnya banyak dilakukan di dalam ruangan untuk menciptakan gambar sesuai keinginan. Fotografi jenis ini memerlukan keahlian teknis alat pendukung agar gambar yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan yang direncanakan. Fotografi studio dimulai pada abad 19. Kurangnya pencahayaan membuat fotografer berpikir keras untuk merekayasa pencahayaan di dalam ruangan, seperti memantulkan cahaya matahari dengan pemantul besar dari jalan ke jendela. 

Para fotografer cewek yang imut nan syari dengan arahan pembimbing handal dari SMK ini satu persatu unjuk gaya di ruang gelap. Aksi fotografer DKV diruang gelap ternyata lebih ekspresif. Mereka lebih suka bermain gelap-gelapan dibawah keremangan daripada main terang-terangan. Karena hanya dari kegelapan dapat menangkap hadirnya cahaya sehingga fokus detail objek mampu ditangkap secara detil. Studio atau ruang kerja  atau ruang imaji seniman menjadi media privasi bagi seniman dalam proses berkarya untuk menjaga originalitas ide, dalam pengembaraan artistik yang lebih intim.  

Slanjutnya studio DKV akan menjadi ruang imaji santri SMK untuk mengeksprseikan, menjaga originalitas dalam pengembaraan untuk mencapai artistik secara maksimal sebagai implementasi dari kompetensi kejuruan dan aktualisasi diri.   

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bahrul Ulum, M.Si

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Puji syukur kepada Ilahi Rabby yang senantiasa melimpahkan nikmat nan agung tiada terhitung serta kasih sayangnya yang…

Selengkapnya

TAUTAN