SMK Bayt Al-Hikmah Pasuruan

Pendidikan Unggul Berkarakter

Dari UTERO sampai ke TV9 : SMK Bayt Al-Hikmah Sukses Lakukan Kunjungan Industri

Sabtu, 27 Maret 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 202 Kali

Kunjungan Industri merupakan salah satu rangkain kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) santri SMK Bayt Al-Hikmah Kelas XI tahun ini. Kegiatan kunjungan industri ini merupakan kali pertama dalam susunan agenda tiga bulan kedepan. Kegiatan PKL tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan kondisi pandemi ini, terdapat sedikit perubahan terkait pelaksanaan kegiatan PKL tersebut. Selain didominasi dengan sistem daring, kunjungan industri juga dilakukan sebagai inti dari kegiatan PKL tahun ini.

Kegiatan kunjungan Industri dilakukan selama 2 hari, hari pertama pada tanggal 23 Maret di UTERO Indonesia Malang dan hari kedua di TV9 Surabaya. Kegiatan ini selain diikuti oleh santri yang PKL pada masing-masing tempat industri tersebut juga didampingi oleh satu guru pembimbing dari sekolah.

UTERO Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang branding dan advertising, sangat sesuai dengan kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual di SMK Bayt Al-Hikmah. Serangkaian kegiatan kunjungan di UTERO Indonesia Malang sangat beragam yaitu keliling seluruh area kantor yang terdiri Ruang Podcast, Meeting room, Editing room, Photo studio, Wedding gallery dan lain sebagainya. Setelah itu, seluruh santri melakukan presentasi projek PKL yang telah diselesaikan kepada pembimbing di UTERO. Kegiatan yang berlangsung sekitar 5 jam ini diikuti oleh seluruh peserta dengan sangat antusias. Banyak masukan, kritik dan saran yang membangun diberikan kepada seluruh santri oleh pembimbing industri. Gurauan canda tawa pun juga melengkapi kegiatan ini.

Tak lain halnya dengan kunjungan industri yang dilakukan di TV9 Surabaya. Kegiatan yang dilakukan pada hari kamis 25 Maret kemarin juga berjalan dengan khidmat. Serangkaian kegiatan tersebut antara lain keliling seluruh area kantor meliputi ruang editing, ruang studio, ruang quality control dan lain lain. Selanjutnya dilakukan diskusi terkait progres projek yang telah diberikan oleh pembimbing. Sebagai akhir dari kegiatan ini, seluruh santri dan pendamping diberikan kesempatan untuk mengamati secara langsung proses live acara dialog "Indonesia Berakhlak" yang dilakukan di studio TV9.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 12.00-17.00 WIB ini dipandu langsung oleh Bapak Farid salah satu produser di TV9. Banyak ilmu yang didapatkan dari beliau, mulai dari ilmu teori akademik sampai pada ilmu lapangan pada sistem pertelavisian. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir karena memang sesuai dengan passion videografi, mulai dari kameramen sampai dengan editor sangat menarik untuk disimak.

Tujuan dari kegiatan kunjungan industri ini adalah mengenal secara langsung kehidupan dunia industri, bagaiman proses sebuah produk kreatif itu dapat tercipta diharapkan dapat dipahami oleh seluruh santri yang saat ini telah melakukan proses PKL. Harapannya, semakin dapat memotivasi santri bahwa prospek jurusan DKV sangat terbuka luas diluar sana. SMK Bayt Al-Hikmah BISA HEBAT!! (fauzan)

 

 Reporter : M. Fauzan Arifin, S.T., Nur Faizah, S.Kom

Editor: -

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bahrul Ulum, M.Si

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Puji syukur kepada Ilahi Rabby yang senantiasa melimpahkan nikmat nan agung tiada terhitung serta kasih sayangnya yang…

Selengkapnya

TAUTAN