SMK Bayt Al-Hikmah Pasuruan

Pendidikan Unggul Berkarakter

PKL di TIK Cerdas, Ini yang didapatkan Santri SMK Bayt Al-Hikmah

Senin, 05 April 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 187 Kali

Pasuruan Bayt Al-Hikmah - Digital marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang paling diminati dewasa ini. Pemasaran tradisional sudah tak lagi efektif bagi pasar yang sebagian besarnya sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini. Di era serba digital ini, pemasaran lewat media digital menjadi sangat penting. Hal inilah yang dilakukan oleh santri kelas 11 DKV SMK Bayt Al-Hikmah dalam salah satu sesi kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di TIK Cerdas Surabaya pada Senin, 5 April 2021 kemarin. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring selama 2 bulan dan beberapa kali secara luring.

Pemateri sesi workshop dari TIK Cerdas, yakni Ust. Rifqi Agung menjelaskan tujuan dari pemasaran digital adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target costumer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Diharapkan santri setelah PKL tidak hanya mampu membuat konten tapi juga mampu mengetahui strategi pasar melalui pemasaran digital.

Direktur TIK Cerdas Ust. Novianto Puji Raharjo, S.Kom, M.I.Kom. memberikan arahan kepada para santri tentang perkembangan media dan era digital. Santri sebagai agen dakwah harus mengambil peran dalam menciptakan konten-konten berdampak positif. Bapak yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Dakwah IAI Dalwa ini juga berbagi tentang pengalamannya ketika mengunjungi kantor Google di Singapura. Di sana yang terlihat tidak seperti kantor tapi terlihat seperti Disneyland. Pegawai kantor dimanjakan dengan fasilitas yang bikin orang betah seperti aneka permainan, snack yang selalu tersedia, jadwal menu makanan yang berganti dari berbagai negara, dan lain sebagainya. Budaya kerja dengan fasilitas yang serba "asyik" ini merupakan upaya untuk menciptakan hasil yang optimal. Yang penting adalah target pekerjaan selesai sesuai batas waktu.

Salah satu tujuan pendidikan kejuruan adalah menyiapkan peserta didik yang profesional/berkompeten dalam bidang keahliannya serta mampu beradaptasi di lingkungan kerja. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah menyelenggarakan model Pendidikan Sistem Ganda yakni sekolah menggandeng industri dan dunia kerja (IDUKA) sebagai mitra, untuk mewujudkan sistem tersebut maka dilaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) sebagai wujud nyata penyelenggaraan model Pendidikan Sistem Ganda.

Kegiatan PKL santri kelas 11 SMK Bayt Al-Hikmah ini berlangsung hingga akhir April 2021. Semoga para santri mendapat manfaat dan barokah dari kegiatan ini. Aamiin.

Reporter: Achmad Jabbar
Editor: -

 

 

 

#smkbayhi #digitalmarketing #smk #baytalhikmah #pasuruan Smk Desain Komunikasi Visual Smk #lks Smk Bayhi Smk Dkv Lks Jatim Smk

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bahrul Ulum, M.Si

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Puji syukur kepada Ilahi Rabby yang senantiasa melimpahkan nikmat nan agung tiada terhitung serta kasih sayangnya yang…

Selengkapnya

TAUTAN