SMK Bayt Al-Hikmah Pasuruan

Pendidikan Unggul Berkarakter

Ning Wardah Bagikan Tips Wirausaha pada Santri SMK Bayt Al-Hikmah

Selasa, 12 Oktober 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 75 Kali

Pasuruan Bayt Al-Hikmah - SMK Bayt Al-Hikmah selenggarakan Seminar Kewirausahaan dengan mengusung tema Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship untuk Mencetak Santri Mandiri di Era Digital. Seminar ini berlangsung pada Selasa (12/10). Pemateri seminar yang dihadirkan sangat sesuai dengan tema yakni Ning Hj. Wardah Nafisah, S.Kep., MBA. Beliau yang juga putri pengasuh pesantren Bayt Al-Hikmah ini merupakan owner dari Klinik Kecantikan Maxine dan Kedai Diskuupi Surabaya.

Pelaksanaan seminar ini diikuti oleh seluruh santri SMK Bayt Al-Hikmah baik putra maupun putri. Sasaran seminar yang diselanggarakan kali ini bertujuan membekali santri SMK yang akan memasuki dunia kerja. Diharapkan mereka ada tujuan bisnis kedepannya. Ustadzah Nur Faizah, S.Kom selaku wakil kepala sekolah SMK Bayt Al-Hikmah  dalam sambutannya beliau berharap para santri memiliki bisnis yang akan dijalankan, “Harapannya santri bisa menjalankan bisnis baik saat menjadi santri maupun nanti kalau sudah lulus.  Diharapkann juga dapat mengubah mindset untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur. Semoga bisa menjadi pengusaha yang sukses, tangguh dan beruntung.” tuturnya.

Ning Hj. Wardah Nafisah membagi kisah hidupnya bersama suami sebagai seorang wirausaha dari nol sampai sukses menjadi entrepreneur, “Untuk menemukan ide bisnis kita bisa melihat masalah sebagai sebuah peluang. Dalam berbisnis kita memang harus berani mengambil resiko, tapi resiko yang sudah diperhitungan. Yang penting dari seorang wirausaha yaitu jangan pernah menipu dalam berbisnis. Selain itu harus ada value atau nilai berbeda dari bisnis yang kita jual. Bermimipilah setinggi langit, setidaknya kita jatuh di antara bintang.” ungkapnya.

Lanjutnya ning Hj. Wardah memberikan tips menjadi seorang wirausaha yakni kejujuran adalah kunci dari segalanya saat bekerja, jangan melihat latar belakang keluarga maupun status pendidikan. Sukses bisa melalui nasib atau melalui nasab. Seorang wirausaha harus mencari kualitas, mempunyai SDM yang bagus agar tidak ada problem besar di lingkup pekerjaan. 

Setelah materi disampaikan, para santri diminta untuk membuat rancangan binis dengan kerangka kerja yang dikenal sebagai Bisnis model kanvas. Kerangka kerja ini banyak digunakan untuk mendefinisikan model bisnis startup. Hasilnya sebanyak 6 santri telah mempresentasikan kerangka bisnisnya dengan baik. 

 

 

 

Pewarta           : A. Jr

Pewarta Foto   : M. Ekhsan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bahrul Ulum, M.Si

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Puji syukur kepada Ilahi Rabby yang senantiasa melimpahkan nikmat nan agung tiada terhitung serta kasih sayangnya yang…

Selengkapnya

TAUTAN