SMK Bayt Al-Hikmah Pasuruan

Pendidikan Unggul Berkarakter

SANTRI SMK BAYT AL-HIKMAH BELAJAR MEMBUAT FILM LANGSUNG KEPADA GUS DANIAL RIFKI

Selasa, 29 Maret 2022 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 719 Kali

Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah. Sabtu (15/1/2022). Model dakwah semakin hari semakin beragam bentuknya. Idenyapun menjadi sebuah kreatifitas tersendiri untuk menebarkan sebuah nilai dan budaya. Produksi film misalnya yang akan menjadi kekuatan untuk bisa menjamah lebih luas kepada masyarakat umum. Film itu sendiri,  merupakan media komunal yang merupakan gabungan dari berbagai teknologi serta penggabungan beragam unsur kesenian. Setidaknya, seni peran (drama atau teater), seni rupa (dalam tata-artistik), seni arsitektur, dan seni musik. Tentu untuk pembuatannya tidaklah mudah, dan melibatkan banyak pihak diantaranya produser, sutradara, penulis skenario, penata kamera, penata artistik, penata musik, editor, pengisi dan penata suara, serta aktor dan aktris. Inilah yang  kemudian memprakarsai SMK Bayt Al-Hikmah untuk yang kali kedua mengadakan kegiatan bertajuk Workshop Produksi Film Indie bersama Gus Danial Rifki. Seorang sutradara dan penulis skenario, bahkan beliau pernah memenangi piala citra, yaitu sebuah hadiah kepada insan film Indonesia terbaik.

Gus Danial Rifki memberikan materi seputar proses pembuatan film yang didasarkan atas pengalamannya sejak masih kuliah hingga dikenal sampai sekarang. Di akhir beliau memberikan kalimat penutup "Tingkatkan pengalaman berkesenian kalian, respon terhadap sesuatu yang indah, dengan begitu akan timbul sense of art, sehingga perasaan tersebut dapat terungkapkan pada karya".

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh santri SMA dan SMK untuk memperdalam bagaiamana memproduksi film secara profesional, tapi juga disiarkan melalui zoom meeting kepada mitra sekolah yang ingin memperdalam dunia perfilm-an.
“Ilmu ini sangat penting, khususnya terkait menebarkan kebaikan kepada seluruh dunia. Santri Bayt Al-Hikmah harus mampu menjadi produsen-produsen film terkemuka dikemudian hari” ujar ustad Bahrul Ulum selaku Kepala Sekolah SMK Bayt Al-Hikmah. 


“SMK Bayt Al-Hikmah dengan prodi DKV sendiri sudah sangat banyak memproduksi film indie. Bahkan salah satu guru SMK atas nama Yudha Prihantanto, M.Pd mendapatkan penghargaan oleh pemerintah kota Pasuruan atas film yang disutradarinya dengan judul Kembang Langit dan menjadi aktor di dalamnya dengan judul Akik. Sudah dipastikan, kapasitas para santri dan guru DKV untuk membuat film tentu tidak diragukan lagi.” Lanjutnya.
Pada sela-sela waktu kegiatan workshop, kepala sekolah juga melaunching MARS SMK yang telah lama dipersiapkan. Berikut teksnya
SMK Bayt Al-Hikmah
Wujudkan cita-cita mulia
Menjadi santun, amanah, dan kreatif
Trampil dan inovatif

* SMK Bayt Al-Hikmah
Pantang menyerah dalam berkarya 
Kuliah bekerja wirausaha
Raih masa depan cerah

Reff:
Yo ayo maju janganlah ragu
Meraih prestasi slalu berinovasi
Yuk berkarya jangan mudah menyerah
Bersama SMK Bayt Al Hikmah BISA  BISA BISA

SMK Bayt Al-Hikmah
Lahirkan generasi aswaja
Fathonah, Amanah, Shiddiq, Tabligh
Menuju Indonesia Jaya

Back to*

SMK Bayt Al-Hikmah 
Bersama kita BISA

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT