SMK Bayt Al-Hikmah Pasuruan

Pendidikan Unggul Berkarakter

SMK Bayt Al-Hikmah Gelar Pamera Ujian Akhir "Belajar MerDEKAVE"

Rabu, 06 Juli 2022 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 542 Kali

SMK Bayt Al-Hikmah. (5/7/2022) Menggelar pameran ujian akhir sebagai representasi kurikulum merdeka(ve) yang digelar kali pertama skala internal. Meski kesekian perhelatan SMK sudah digelar secara isidental. Pameran ujian akhir ini direspon oleh SMK Darul Murtadlo sebagai sekolah yang baru saja menyelami kompetensi DKV.
Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagi Indonesia raya dan mars SMK. Selanjutnya sambutan disampaikan oleh ketua panitia Belajar Merdekave, Alya Emha. 

“Saya merasa sangat senang dengan acara ini, dan sangat berterima kasih kepada bimbingan guru-guru produktif, Ust Iwan, Ust Eksan, Ust Jabbar dan Ustazah Iis, Ustazah Faizah dan seluruh guru SMK. Dengan bimbingan beliau-beliau akhirnya kami menjadi lebih percaya diri dengan karya yang sudah kami pamerkan. Semoga ini menjadi awal langkah yang baik bagi kami, khususnya santri SMK Bayt Al-Hikmah”

Kemenarikan perhelatan ini sepenuhnya dilakukan oleh santri-santriwati dalam penerapan tim work management yang relevansi dengan kurikulum dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA). Sebagai wahana kreatif, proses belajar menggali potensi, meneropong prospek kerja, menerobos ruang-ruang inovasi, yang kompatibel. Sehingga kompetensi kejuruan  teraktualisasi sebagai cikal bakal generasi Pancasila.

Sajian karya sangat beragam mulai nirmana trimatra dan nirmana dwimatra, drawing, sketsa murni, gambar perspektif, gambar still life, gambar anatomi, gambar ilustrasi, lukis, desain grafis, fotografi, videografi disajikan secara apik nan estetik di ruang display ‘galeri SMK Bayhi’ yang dikonsep ‘industrial’ semakain menambah betah menikmati karya lebih dekat. Selanjutnya diharapkan aktivitas kreatif seperti ini mampu mendapat support dan pendampingan lebih tajam dari segala pihak sebagai solusi menyiapkan generasi di era society 5.0 seperti saat ini: era dimana mengintegrasikan virtual space (ruang maya) dan physical space (ruang fisik).

Yudha Prihantato, selaku kurator dalam perhetalan ini mengaku bangga dengan karya para santri. “Kedepan, saya yakin akan muncul karya yang lebih luar biasa, dan memberikan banyak warna dalam berkarya.”. SMK Bisa!

 

Kontributor: Alfan Arifuddin
Foto: Anisatul Qolbiyah

 

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT