SMK Bayt Al-Hikmah Pasuruan

Pendidikan Unggul Berkarakter

UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI SMK BAYT AL-HIKMAH ANGKAT TEMA INDUSTRI MEBEL PASURUAN

Selasa, 14 Maret 2023 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 428 Kali

Pasuruan Bayt Al-Hikmah - Industri mebel kayu jati merupakan salah satu ciri khas dari Kota Pasuruan. Hasil produksi furniture di Pasuruan ini sudah turun temurun dari beberapa generasi. Ada tiga kelurahan yang hingga kini dikenal sebagai sentra industri mebel yaitu kelurahan Sebani, Gadingrejo dan Bukir. Aneka ragam meubelair dan perabotan yang terbuat dari kayu dengan harga terjangkau terdapat di kawasan ini. Namun dalam beberapa waktu terakhir, industri ini tidak seramai dulu dikarenakan beberapa faktor, terutama saat pandemi covid-19. Oleh karena itu, SMK Bayt Al-Hikmah mengangkat tema mebel Pasuruan ini sebagai bahan Uji Sertifikasi Kompetensi di bidang Desain Komunikasi Visual. Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) ini diikuti oleh santri kelas 12 di Gedung BLK Komunitas Bayt Al-Hikmah pada Jumat dan Sabtu, 10-11 Maret 2023.

Sejumlah 22 santri yang melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi ini memulai kegiatan dengan riset serta turun langsung ke lapangan dalam proses perancangan komunikasi visual. Salah satu Industri mebel yang dikunjungi yakni UD Wahyu Putra Jaya, kebetulan dikelola oleh alumni SMK Bayt Al-Hikmah. Adapun output yang dihasilkan yakni berupa video dokumenter, katalog, dan standar manual grafis.

Kepala SMK Bayt Al-Hikmah, Ust. Bahrul Ulum, M.Si. mengatakan Uji Sertifikasi Kompetensi ini dilaksanakan dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK, mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi, dan mendorong kerja sama SMK dengan dunia kerja. Siswa yang kompeten adalah siswa yang memenuhi standar kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja. Standar kompetensi profesi sebagai respon kemajuan inovasi teknologi dan pertumbuhan spesifikasi profesi untuk memfasilitasi pasar kerja global. Selain itu kita mengambil tema industri mebel Pasuruan sekaligus sebagai upaya mengangkat sentra industri lokal di Pasuruan.

Kegiatan Uji Kompetensi meliputi beberapa tahapan yaitu tahap observasi lapangan, uji tulisan, uji lisan, unjuk kerja, serta presentasi. Dalam pelaksanan Uji Sertifikasi ini SMK Bayt Al-Hikmah kembali menggandeng LSP-PI SMK Negeri 12 Surabaya sebagai lembaga sertifikasi profesi. Adapun asesor dari LSP yakni yakni Drs. Agoes Susilo dan Dimas Ari Prabowo, S.Pd.
Hadir juga pada acara ini Ibu Ratna Anggraini selaku pengawas SMK di lingkngan Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Pasuruan.

Kemendikbud melalui Dirjen Vokasi dan Direktorat SMK terus berupaya merevitalisasi jenjang SMK untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia agar lebih berkompeten sebagaimana tertuang dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2016 dan Perpres Nomor 68 Tahun 2022. Bentuk perwujudan dari revitalisasi pendidikan vokasi ialah dengan peningkatan akses sertifikasi lulusan peserta didik SMK melalui uji kompetensi keahlian (UKK) ataupun Uji Sertifikasi Kompetensi (USK). UKK dan USK ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK. Diharapkan melalui program ini, SMK bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten. Sertifikat kompetensi untuk siswa SMK diberikan setelah siswa dinyatakan lulus dalam ujian kompetensi dan sertifikat diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT